Persija Sudah Kantongi Nama-Nama Calon Pelatih Anyar, ‘Pep Guardirman’ Jadi Asisten

Persija Jakarta sudah memastikan diri untuk memakai pelatih baru menggantikan Sudirman di Liga 1 2021. Kepastian itu disampaikan secara langsung oleh Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca. Mohamad Prapanca mengatakan pihaknya tidak bisa memakai Sudirman di Liga 1 2021 karena terkendala status lisensi kepelatihan.

Sudirman tidak punya lisensi kepelatihan AFC Pro yang wajib dimiliki pelatih kepala di klub Liga 1 2021. Sudirman nantinya akan tetap menjadi asisten pelatih Persija Jakarta di Liga 1 2021. Pemilihan pelatih baru ini juga tak lepas dari komunikasi yang dibangun manajemen Persija Jakarta dengan Sudirman.

"Kami sudah membidik beberapa pelatih kepala dan sudah diskusi juga dengan coach Sudirman," kata Mohamad Prapanca, Selasa (27/4/2021). Mohamad Prapanca melanjutkan, ada beberapa pelatih yang akan diseleksi untuk dipercaya menukangi Macan Kemayoran di Liga 1 2021. Untuk nama namanya, Mohamad Prapanca tidak mau menyebutkan.

"Saat ini sudah mengerucut ke beberapa nama pelatih ya," kata Mohamad Prapanca. Mohamad Prapanca hanya mengatakan pelatih baru Persija Jakarta ini bisa dari asing atau lokal. Nantinya satu bulan sebelum Persija Jakarta berlatih kembali, pelatih tersebut sudah diumumkan.

Manajemen Persija Jakarta tengah meliburkan para pemain pasca keberhasilan meraih gelar juara Piala Menpora 2021. Marko Simic dkk akan berkumpul kembali pada akhir Mei 2021 untuk bersiap lagi menyambut Liga 1 2021 yang kabarnya bergulir 13 Juli mendatang. "Tunggu saja, nanti akan kami umumkan pelatih barunya," kata Mohamad Prapanca.

Masa depan Sudirman di Persija Jakarta akhirnya terjawab sudah. Manajemen Persija Jakarta memastikan Sudirman tetap berada di Persija Jakarta untuk Liga 1 2021. Presiden Persija Jakarta, Mohamad Prapanca, mengatakan bahwa Sudirman akan diangkat menjadi asisten pelatih.

Untuk posisi pelatih kepala, Mohamad Prapanca mengatakan pihaknya akan mencari lagi sosok yang tepat. Sudirman terkendala lisensi kepelatihan AFC Pro sehingga tidak bisa menukangi Persija Jakarta di Liga 1 2021. Padahal Sudirman cukup berprestasi dengan membawa Persija Jakarta menjadi juara Piala Menpora 2021.

"Sudirman akan tetap berada di Persija Jakarta tapi dia belum punya lisensi AFC Pro," kata Prapanca, Selasa (27/4/2021). "Jadi mungkin kami akan cari pelatih baru lagi sesuai standar Liga 1," ucap Prapanca menambahkan. Prapanca padahal mengapresiasi kinerja Sudirman selama melatih Persija Jakarta di Liga 1 2021.

Tetapi, manajemen Persija Jakarta juga harus memikirkan peraturan yang akan terjadi di Liga 1 2021. "Kami akan tetap mengikuti aturan di Liga 1 yang kabarnya dimana pelatih kepala harus mempunyai lisensi AFC Pro," kata Prapanca. Sudirman sebelumnya dipercaya untuk menjadi pelatih kepala sementara waktu menggantikan Julio Banuelos di Liga 1 2019.

Setelah kehadiran Edson Tavares datang, Sudirman kembali turun jabatan ke asisten pelatih Persija Jakarta. Pada Liga 1 2020, Sudirman masih menjadi asisten pelatih Persija Jakarta di bawah naungan Sergio Farias. Pasca Sergio Farias mundur, Sudirman kembali didapuk menjadi pelatih kepala hinga turnamen Piala Menpora 2021 berakhir.

Leave a Reply

Your email address will not be published.