Wagub DKI Bantah Lancarkan Lobi Politik Demi Gagalkan Interpelasi Formula E

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membantah tudingan yang menyebut Anies Baswedan sengaja melancarkan lobi lobi politik kepada 7 fraksi di DPRD DKI, untuk tujuan menggagalkan interpelasi Formula E. "Nggak ada, kita kan eksekutif itu melaksanakan tugas eksekutif, DPRD melakukan tugas legislatif, kami saling menghormati satu sama lain, tidak ada upaya upaya mempengaruhi satu sama lain, apalagi mengintervensi," kata Riza kepada wartawan, Kamis (30/9/2021). Riza menegaskan tidak ada upaya dari Pemprov DKI untuk memengaruhi pendirian para fraksi.

Setiap pihak baik eksekutif maupun legislatif masing masing punya kewenangan dan kedudukannya sendiri. Sehingga kata dia, masing masing pihak saling menghormati satu sama lain, baik sikap maupun posisi. "Semua kita ini punya kedudukan, kewenangan masing masing , kita semua sudah sangat dewasa, punya sikap masing masing, kita hormati sikap semuanya. Kita tentu berharap semua hubungan kita tetap terus baik antara DPRD dengan Pemprov DKI Jakarta, terus kita jaga, hubungan kita selama ini cukup baik dan harmonis," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi sebut 7 fraksi yang tak setuju dengan pengajuan interpelasi Formula E justru melakukan kegiatan parlemen jalanan. Pasalnya mereka yang tak setuju interpelasi, seperti fraksi Gerindra, PKS, PKB PPP, PAN, Nasdem, Golkar, dan Demokrat diketahui melakukan pertemuan dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria di rumah dinas Anies. Padahal menurut Prasetyo, permasalahan agenda seperti Formula E yang jadi program prioritas Anies dalam Instruksi Gubernur Nomor 49 Tahun 2021 seharusnya dibahas dan diselesaikan dalam forum resmi DPRD DKI.

Bukan justru 'bermain' di luar jadwal yang ada dalam agenda legislatif. "Tapi saya juga bingung nih kenapa mereka memberi pelajaran sahabat saya M Taufik (penasehat fraksi Gerindra) itu memberikan masukan kepada junior juniornya memakai parlemen jalanan di sini lah tempatnya," kata Prasetyo usai rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (28/9/2021).

Leave a Reply

Your email address will not be published.