Menteri PPPA: Anak yang Paling Tahu Masalah dan Solusi yang Melingkupi Diri Mereka

– Menteri Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Perempuan (PPPA) Bintang Puspayoga mengatakan anak yang paling tahu masalah serta solusi yang dihadapi mereka. Dalam acara penganugrahan Data Forum Anak (DAFA) Award Tahun 2021, Bintang mengajak anak berpartisipasi aktif dalam proses pembangunan Indonesia lewat forum anak. Menurutnya partisipasi anak merupakan hak dasar dan prinsip dasar perlindungan anak.

“Tanpa partisipasi anak, pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif tidak akan pernah bisa tercapai,” kata Menteri Bintang, Senin (6/9/2021). Menteri Bintang mengatakan selama ini forum anak mampu menyuarakan aspirasi anak Indonesia pada pemerintah di tengah situasi pandemi Covid 19. Menurutnya peran forum anak sebagai pelopor dan pelapor memberikan dampak positif bagi anak anak Indonesia maupun masyarakat luas.

Forum anak menyediakan data berharga lewat survei anak yang berkaitan dengan covid 19 yang membantu Kemen PPPA memperjuangkan hak anak di masa pandemi pada pemangku kepentingan. “Kemen PPPA membentuk forum anak sebagai wadah partisipasi anak mulai dari tingkat nasional, provinsi, kabupaten/ kota, hingga tingkat desa/kelurahan,” ujarnya. Anak Indonesia mengisi satu per tiga populasi di Indonesia yang merupakan kekayaan terbesar bangsa.

Bintang mengatakan potensi harus dimaksimalkan dan diberdayakan untuk mencapai cita cita bangsa. “Anak anak selalu dapat menemukan hal yang positif, semangat dan optimismenya luar biasa dalam kondisi yang terburuk sekalipun. Dengan sudut pandang yang unik, mereka sering kali menemukan solusi sederhana,” ujarnya. Ia merasa selalu dibuat kagum dengan potensi dan energi positif anak anak Indonesia selama 2 tahun menjabat Menteri PPPA.

Karena itu, ia mendorong terciptanya ruang yang aman dan nyaman untuk anak, termasuk mengajak mereka berpartisipasi aktif dalam pembangunan “Jika kita mampu menciptakan ruang yang aman dan nyaman untuk mereka, termasuk mengajak mereka berpartisipasi aktif dalam pembangunan saya optimis dapat mencapai Indonesia yang maju,” ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.