Jenis Generator Listrik Ini Wajib Anda Ketahui

Salah satu kebutuhan banyak orang saat ini yaitu generator listrik atau genset. Hal ini karena listrik merupakan salah satu hal penting untuk menunjang gadget yang termasuk kebutuhan pokok saat ini. Ini juga membuat banyak orang mulai mencari tempat Jual Genset Listrik.

Ada banyak jenis genset di pasaran yang bisa Anda temukan. Namun dalam artikel ini akan merangkumnya berdasarkan jenis dan mesin yang ada pada genset.

Jenis Generator Listrik

Ada dua jenis genset berdasarkan arusnya yaitu genset dinamo (DC) dan genset alternator (AC).

  1. Generator Listrik Alternator (AC)

Jenis generator listrik ini menggunakan sifat arus listrik bolak balik. Adapun untuk sistem kerjanya yaitu kutub magnet yang berlawanan akan saling berhadapan sehingga menimbulkan Medan magnet.

Nah, di dalam medan magnet tersebut akan ada kumparan yang selalu berputar pada porosnya. Dari hal ini lah kemudian akan timbul muatan listrik yang bisa digunakan untuk menunjang aktivitas manusia.

  1. Generator Listrik Dinamo (DC)

Generator jenis dinamo atau DC hampir mirip dengan genset AC. Perbedaannya hanya pada penyusunnya saja, pada jenis generator listrik ini terdapat sebuah cincin belah pada bagian outputnya.

Bagian ini dinamakan komutator yang berfungsi untuk mengalirkan arus listrik induksi ke rangkaian listrik DC. Nah, dari proses inilah yang akan menghasilkan listrik untuk genset.Tidak hanya dibagikan berdasarkan arusnya. Genset juga dibedakan berdasarkan jenis mesinnya.

Jenis Mesin Genset

Berdasarkan jenis mesinnya, genset ada tiga jenis yaitu genset dengan mesin gas, Genset mesin diesel, dan Genset dengan mesin bensin.

  1. Genset Mesin Gas

Jenis generator ini menggunakan bahan bakar gas dalam pengoperasian nya. Gas yang biasa digunakan yaitu LPG (Liquid Petroleum Gas) dan CNG (Compressed Natural Gas). Genset jenis ini bisa Anda gunakan untuk perusahaan industri.

  1. Genset Mesin Diesel

Genset jenis ini menjadi salah satu pilihan banyak masyarakat. Untuk kapasitas nya sendiri cukup besar yaitu bisa mencapai 5 KW (5000 Watt) sampai 2 MW (2.000.000 Watt).

  1. Mesin Genset Bensin

Jenis generator terakhir yaitu genset dengan mesin bensin. Dari nama sendiri Anda bisa tahu bahwa genset ini menggunakan bahan bakar bensin untuk pengoperasian nya. Untuk kapasitas maksimum yaitu hanya 10 KW.

Nah, setelah mengetahui jenis generator listrik tersebut. Anda bisa menentukan sendiri untuk memilih membeli dan menggunakan genset yang mana.

Apapun pilihan Anda, sebaiknya perhatikan fungsi dan kebutuhan Anda ya. Karena tentunya setiap jenis genset memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing-masing.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.