Dirut RSCM Lega dapat Bantuan Konsentrator Oksigen

Direktur Utama RSCM Lies Dina Liastuti mengatakan bahwa kebutuhan oksigen untuk pasien Covid 19 saat ini sangat tinggi. Bantuan oksigen sangat diperlukan untuk penanganan pasien terutama yang dirawat di IGD. Hal itu disampaikan Lies saat menerima bantuan konsentrator oksigen dari Sekretariat Presiden di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (27/7/2021).

"Kita tahu bahwa angka kematian seperti disebutkan ibu Kepala Dinas (Kadinkes DKI) itu cukup tinggi dan mereka memerlukan oksigen sebagai bantuan khususnya di IGD. Kita tahu kematian IGD cukup tinggi," kata dia. Oleh karena itu dengan adanya bantuan konsentrator oksigen ini sangat membantu pihak rumah sakit dalam menangani pasien Covid 19. Pasien, kata dia dapat menggunakan konsentrator oksigen terlebih dahulu sebelum kemudian mendapatkan oksigen murni.

"Dengan bantuan ini sekali lagi saya menyampaikan kami dari Faskes kesehatan merasa sangat sangat berlega hati, merasa bahwa kami mendapatkan dukungan yang luar biasa," kata dia. Sementara itu Kepala Dinas DKI Jakarta Widyastuti mengatakan bahwa bantuan konsentrator oksigen dari Sekretariat Presiden akan disalurkan kepada Rumah Sakit yang ada di Jakarta secara proporsional. "Kami mempunyai 194 rumah sakit yang ada di DKI, 32 diantaranya adalah RSUD," katanya.

Ia berharap dengan adanya bantuan konsentrator oksigen tersebut dapat menurunkan angka kematian akibat Covid 19. Ia juga berharap adanya bantuan lain seperti tempat isolasi yang sangat dibutuhkan sekarang ini. "Berharap selain oksigen nanti bisa membantu teman teman kami di RS, juga ada tambahan untuk tempat tempat isolasi terpusat maupun isolasi isolasi mandiri yang kemungkinan masih ada di kalangan masyarakat," katanya.

Sementara itu Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan bahwa oksigen konsentrator tersebut merupakan donasi dari pengusaha yang tergabung dalam Yayasan Peduli NKRI dan Yayasan Budha Tzu Chi. Bantuan oksigen konsentrator juga dapat terwujud berkat dukungan dari Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN). Pihaknya kata Heru akan terus mengupayakan pemberian bantuan dalam penanganan Pandemi Covid 19.

"Kami serahkan ini nanti, bila ada hal hal yang memang perlu ada tambahan kami usahakan demi kemanusiaan," tuturnya. Untuk diketahui sebanyak 5000 konsentrator oksigen disalurkan Sekretariat Presiden kepada sejumlah RS diantaranya RSCM, RSPAD, Pemprov DKI, RS Polri, RSUD Bekasi, Bogor, dan Bandung. Oksigen konsentrator disalurkan untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang tinggi sekarang ini.

"Sumbangan 5000 oxygen concentrator yang diinisiasi, diadakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi Pusat di Taiwan untuk membantu saudara saudara kita yang ada di Indonesia," pungkas perwakilan Yayasan Budha Tzu Chi Hong Tjin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.