Lifestyle

Bisa untuk Diet, Begini Penggunaan Minyak Zaitun Oil yang Sehat

Minyak zaitun oil biasanya digunakan sebagai asupan lemak sehat untuk menggantikan lemak jenuh. Jenis minyak satu ini sudah sejak lama dimanfaatkan untuk berbagai tujuan kesehatan, termasuk diet.

Meski penelitian terhadap minyak zaitun untuk diet masih terbatas, namun menambahkannya ke dalam menu makan sehat disebut dapat mengoptimalkan program penurunan berat badan. Tentu saja jika konsumsinya tidak menambah jumlah total kalori harian.

Benarkah Minyak Zaitun Efektif untuk Diet Sehat?

Minyak zaitun bisa digunakan untuk diet sehat jika digunakan dengan jumlah dan cara yang tepat. Umumnya, khasiat minyak zaitun untuk menurunkan berat badan dibuktikan oleh studi yang disertai dengan diet ala mediterania.

Minyak jenis ini lebih sering digunakan sebagai sumber lemak utama dibanding ikan, daging merah, maupun makanan manis.

Manfaatnya untuk diet sendiri dikaitkan dengan kandungan di dalamnya yang diklaim dapat membantu mengurangi berat badan.

Berikut ini beberapa alasan yang membuat olive oil alias minyak zaitun disebut baik untuk diet:

1. Tinggi Asam Lemak Tak Jenuh Tunggal

Minyak zaitun memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal yang efektif membantu menurunkan berat badan dibanding dengan diet tinggi lemak jenuh. Asam lemak tak jenuh terbukti dapat mencegah akumulasi lemak dan penambahan berat badan.

2. Memiliki Kandungan MCT

Minyak satu ini juga kaya akan Medium-Chain Triglyceride (MCT) yang memiliki kandungan lemak sehat. Kandungan ini berpotensi membantu mengontrol berat badan secara sehat. MCT akan dipecah dan diserap oleh organ hati dengan cepat, kemudian dikeluarkan sebagai energi.

MCT juga mempengaruhi produksi hormon pengatur nafsu makan tertentu, salah satunya peptida YY yang mampu meningkatkan rasa kenyang.

Alasan lain mengapa minyak zaitun disebut bagus untuk diet sehat adalah karena MCT mampu meningkatkan pembakaran kalori dan lemak di tubuh.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun untuk Diet Sehat

Minyak Zaitun
Sumber foto: Google

Ingin tahu bagaimana cara menggunakan minyak zaitun agar lebih efektif untuk diet? Simak di bawah ini yuk!

1. Minyak Zaitun Saja

Salah satu program diet yang menggunakan minyak zaitun adalah Shangri-La yang dikembangkan oleh Dr. Seth Roberts. Dalam program diet ini, kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan hambar dan ditambah 1-2 sendok makan minyak zaitun.

Tujuannya yaitu untuk menurunkan nafsu makan dengan mengonsumsi makanan hambar yang mengurangi cita rasanya. Sehingga asupan makanan pun berkurang dan berat badan menurun.

Selain diet Shangri-La, diet mediterania juga banyak menambahkan minyak zaitun. Ini merupakan pola diet yang tinggi lemak sehat yang berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, sayuran, dan buah.

2. Minyak Zaitun dan Lemon

Mencampurkan minyak zaitun dengan lemon dianggap dapat membantu proses diet, sebab komponen vitamin C pada lemon dan asam lemak tak jenuh dari minyak zaitun berkhasiat untuk mengurangi berat badan.

Vitamin C memiliki peran dalam pembuatan karnitin yang berfungsi untuk mengangkut molekul lemak ke sel untuk dipecah dan disalurkan sebagai sumber energi.

Namun hingga kini, belum ada penelitian tentang efektivitas kedua bahan ini saat dikombinasikan untuk diet.

3. Minyak Zaitun dan Air Gula

Dalam program diet Shangri-La, minyak zaitun juga bisa dikonsumsi dengan air gula. Sebagai tambahan dari menu makanan hambar, kamu bisa minum 1-3 sendok minyak zaitun ekstra ringan (extra light olive oil) atau 1-2 sendok makan air gula sebanyak dua kali sehari di antara waktu makan.

Dengan mengonsumsi air gula dan minyak zaitun yang mengandung kalori tetapi sedikit rasa, dinilai dapat melatih tubuh untuk berhenti mengaitkan rasa dengan kalori. Sehingga, lebih sedikit makanan yang diinginkan tubuh.

Itu dia manfaat minyak zaitun untuk diet. Agar kualitasnya tetap terjaga, belilah minyak zaitun dalam jumlah yang bisa dihabiskan dalam enam bulan. Selain itu, tutuplah botol dengan rapat setelah menggunakannya dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Sebaiknya simpanlah di dalam kulkas supaya kualitasnya terjaga.

Ingin mengonsumsi minyak zaitun oil untuk pola hidup sehat? Langsung saja belanja di Healthy Choice! Banyak pilihan bahan makanan sehat lainnya juga, lho!

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *